Bung Karna: Padi BK 01 Dan 02 Agritan Icon Kabupaten  Situbondo Untuk Indonesia

Doc.Bupati Situbondo Saat Dampingi Gubernur Jawa Timur

Situbondo, detik1.co.id // Bertempat di Kelurahan Mimbaan Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo, dilaksanakan acara Panen Perdana Padi BK 01 dan 02 Agritan. Acara tersebut digelar oleh Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan serta dihadiri Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Selasa 23 Mei 2023.

Usai melalukan panen bersama Gubernur Jatim, Bupati Situbondo yang akrab di sapa Bung Karna menjelaskan bahwa pihaknya menciptakan bibit padi BK (Bung Karna) Agritan yang berkualitas unggul itu sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari sektor pertanian .

“Bibit padi BK 01 dan 02 setelah di lakukan uji coba penanaman dan hasilnya sangat memuaskan. Untuk jenis BK 02 saja itu dalam satu tahun bisa di lakukan penanaman sebanyak 4 kali dan akan menghasilkan 489 655 ton/ hektar . Itu menurut perhitungan dinas pertanian. Dengan demikian bisa di artikan, perbandingannya jika menanam padi dengan bibit jenis lain, hasilnya jauh berbeda dengan jenis varietas baru ini,”  terang Bung Karna.

Sementara, lanjut Bung Karna, untuk bibit BK Situbondo 01 itu dalam satu tahun setelah di lakukan penanaman potensi hasilnya mencapai  463 ton 113 kg /  hektar.

“Ke dua jenis padi tersebut mempunyai tekstur nasi yang pulen hingga di gemari masyarakat . Berdasarkan SK Menteri Pertanian yang sudah turun tanggal 17 pebruari 2023 lalu, maka bibit pad BK Situbondo 01 dan 02 Agritan itu layak di edarkan,” lanjutnya.

“Dengan melihat potensi hasil bibit padi BK 01 dan 02 yang memuaskan,  maka dalam beberapa bulan ke depan Bibit padi tersebut akan di berikan secara gratis pada seluruh kelompok tani di Kabupaten Situbondo. Hal ini semata hanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”  ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi atas upaya yang di lakukan Bupati Situbondo Karna Suswandi bersama Wakilnya, Nyai Hj Khoirani dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakatnya.

“Ikhtiar Bung Karna bersama Nyai Hj Khoirani merupakan solusi yang sangat tepat di lakukan. Karena dengan menciptakan bibit padi yang berkualitas dan unggul itu,  akan bisa menjawab tantangan PR dunia yaitu potensi krisis pangan, potensi krisis ekonomi dan krisis energi,” kata Khofifah Indar Parawansa.

“Dengan adanya bibit padi BK 01 dan 02 Agritan yang sangat berpotensi meningkatkan kesejahteraan masyarakat , saya berharap dinas terkait dan juga seluruh kelompok tani akan lebih bersemangat, sehingga harapan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat bisa tercapai dengan baik,” pungkasnya.

(Aditya)

error: