Bupati Bondowoso KH. Salwa Arifin Launching Sistem Informasi Tanggap Darurat

Bondowoso, detik1.com – Dalam rangka hari kesiapsiagaan bencana Nasional tahun 2022, Bupati Bondowoso KH.Salwa Arifin Launching Aplikasi Sistem Informasi Tanggap Darurat( SI GABAN) bertempat di Pendopo Bupati Bondowoso, Selasa (26/04/2022)

Hari kesiap siagaan tanggap darurat tersbut dengan Tema,” Keluarga Tangguh Bencana”

“Ini mempunyai makna bahwa kesiap siagaan bencana perlu di bangun dan di mulai dari lingkunganterkecil yakni keluarga,” kata Bupati Bondowoso

Dalam kesiapsiagaan Masyarakat menghadapi ancaman menentukan besar kecilnya resiko dan dampak bencana yang akan di terima.

“Mari kita budayakan kesadaran dan membangun budaya sadar bencana harus di mulai sejak dini mulai dari komunitas sekolah sampai lingkungan individu,masyarakat, indonesia tangguh bencana harus di lakukan semua pihak.karena penanggulan bencana adalah urusan bersama.

Doc.Photo Bupati Bondowoso saat Launching Aplikasi Sistem Informasi Tanggap Darurat (SIGABAN)

Hari kesiapsiagaan bencana Nasional ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengatahuan dan pemahaman resiko bencana, dengan menumbuhkan budaya sadar bencana serta melatih keterampilan tentang cara – cara yang tepat untuk menyelamatkan diri dari bencana.”ungkapnya

Saat ini teknologi informasi yang pesat sangat membantu memeberikan sumbangsih yang sangat besar dalam penanggulangan bencana, dan karena bersifat terkoneksi sehingga penyampaian informasi cepat dan terintergrasi.

Melihat pentingnya peran aktif teknologi informasi dan sebagai implementasi dari peringatanhari kesiapsiagaan bencana Nasional tahun 2022 pemerintah Kabupaten Bondowoso melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah meluncurkan aplikasi sistem informasi tanggap bencana (SI GABAN).

Masih kata Bupati, Aplikasi tersebut dapat di gunakan sebagai media pelaporan dalam penanganan sigaban, yang berisikan peta daerah rawan bencana, serta berbagai informasi mitigasi bencana yang bisa di lakukan oleh masyarakat kabupaten Bondowoso dalam mencegah terjadinya bencana.

“Saya berharap dengan di Launchingnya Aplikasi Si Gaban dalam rangka hari kesiapsiagaan bencana tahun 2022.” Ujarnya.

Sisi lain Kapala BPBD Kabupaten Bondowoso mengatakan, ia juga telah membuat aplikasi sikap dan atau sistem informasi tanggap bencana Adapun sistem informasi tanggap bencana ini adalah untuk mengedukasi memberi wawasan memberi pengetahuan kepada masyarakat di Kabupaten Bondowoso agar lebih mengenal mengetahui potensi ancaman ancaman apa yang ada di sekitarnya.

Dengan aplikasi ini kita akan mengatahuai kapan dimana kita berdiri di mana kita berada langsung terkoneksi oleh GPS yang ada dalam aplikasi tersebut sehingga bisa diketahui dalam aplikasi tersebut bahwa potensi-potensi apa aja yang ada di sekitar masyarakat.” Pungkasnya.

Launching tersebut dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso Ketua DPRD, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Kabupaten Bondowoso, Sekretaris Daerah, para staf Ahli, asisten Kepala OPD dan Camat sekabupaten Bondowoso.

Sukri

error: