Bupati Situbondo Gelar Sosialisasi Program dan Kegiatan Pembangunan 

Doc.Photo Bupati Situbondo Gelar Sosialisasi Program dan Kegiatan Pembangunan 

Situbondo, detik1.co.id // Bupati Situbondo H Karna Suswandi bersama Wakil, Nyai Hj Khoirani, menghadiri Sosialisasi Program dan Kegiatan Pembangunan APBD Tahun Anggaran 2023, di Kantor Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo. Senin. (13/02/2023).

Turut hadir saat acara Camat Panji Situbondo Andi Jaka S. , Seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Forkopimca Panji, serta para kepala desa dan lurah.

Example 285x400

Dalam arahan dan paparannya, Bupati Situbondo yang akrab dipanggil Bung Karna, mengucapkan banyak terima kasih pada semua Pimpinan OPD serta jajarannya, dan pada semua pihak yang telah turut mendukung adanya berbagai program dan kegiatan pembangunan, di tahun 2022 bisa berjalan lancar.

Sosialisasi
Bupati Situbondo, H Karna Suswandi memberikan bantuan kursi roda pada penyandang disabilitas.
“Tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak, termasuk masyarakat, maka program pemerintah hanya akan berjalan di tempat. Untuk itu di 2023 ini saya bersama wakil nyai Khoirani kembali mohon dukungannya, agar berbagai program dan kegiatan pembangunan bisa sukses dalam pengerjaannya,” kata Bung Karna.

Tahun 2023 ini kami bersyukur karena adanya dukungan berbagai pihak dan juga pemerintah desa, Pendapatan Asli Daerah (PAD) mengalami peningkatan, dari 220 milyar, saat ini naik menjadi 281 milyar.

“Di tahun ini, pemerintah daerah tidak bisa mengatur berbagai program dan kegiatan pembangunan seperti tahun sebelumnya. Saat ini Dana Alokasi Umum (DAU) penggunaannya sudah diatur pusat, dan sudah tercantum peruntukannya, seperti gaji pegawai, Bidang Kesehatan, Bidang Pendidikan, honor PPPK dan lain – lain. Setelah terpenuhi semua indikator yang ada, maka sisanya baru bisa di kelola kabupaten,” terangnya.

Sosialisasi
Tampak Wakil Bupati Situbondo, Nyai Hj Khoirani di dampingi Bupati sedang menyerahkan bantuan kursi roda pada penyandang Disabilitas
Dengan perubahan aturan tersebut, berdampak pada kegiatan pemerintah daerah. Fleksibiltas anggaran dalam rangka membantu masyarakat, semakin lama makin kecil dan tidak seimbang dengan ekspektasi masyarakat yang makin meningkat.

“Maka untuk memenuhi harapan masyarakat, pemerintah mengambil upaya untuk menumbuhkan kemandirian fiskal. Agar kemandirian fiskal itu bisa meningkatkan, maka PAD Situbondo juga harus di tingkatkan. Selain itu harus di dukung juga oleh berbagai pihak, seperti pendisiplinan pembayaran PBB, baik di desa dan kelurahan,” tambahnya.

Dalam paparannya, Bung Karna menjelaskan anggaran yang akan di gelontorkan untuk program dan kegiatan pembangunan tahun 2023 berkisar 1, 9 triliyun. Dari anggaran tersebut termasuk juga program prioritas, seperti anggaran guru ngaji, guru PAUD dan juga anggaran untuk beberapa pondok pesantren sebesar 8,,6 milyar.

Di akhir paparannya, Bung Karna berharap pada seluruh pihak agar turut mendukung pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan 2023 agar seluruh harapan masyarakat bisa terlaksana. Saat acara, Bung Karna bersama wakil Bupati, Nyai hj Khoirani menyempatkan memberikan bantuan berupa kursi roda pada dua penyandang disabilitas, Adelia Putri usia 10 tahun warga Desa Tokelan dan A. Fadia Inayah Istiqomah warga Desa Tenggir usia 10 tahun.

(Aditya)

error: