Giat Curhat Sekaligus Temu Kenal Kapolsek Baru Polsek Mangaran

Doc.Photo Giat Jumat Curhat Sekaligus Temu Kenal Kapolsek Baru Polsek Mangaran

Situbondo, detik1.com – Inovasi dan terobosan dalam bentuk kegiatan yang menyapa masyarakat secara langsung tanpa ada jarak dan sekat antara aparat Kepolisian dengan masyarakat perlu dilakukan, salah satunya dengan pelaksanaan Program Jumat Curhat oleh Polsek-Polsek di wilayah Polres Situbondo. Hari ini Polsek Mangaran kembali melaksanakan program tersebut. Jumat, 13 Januari 2023.

Sekitar 1 jam, Program Jumat Curhat Polsek Mangaran yang diawali sejak pukul 09.30, acara yang ditempatkan di Aula Balai Desa Tanjung Kamal, Kecamatan Mangaran digelar demi mendengar secara langsung informasi, keluhan, aduan, saran, kritik dan masukan dari masyarakat kepada Kepolisian terkait berbagai permasalahan yang terjadi saat ini.

Hal pertama dalam acara tersebut, sekaligus pembeda dari acara-acara sebelumnya adalah perkenalan dan sosialisasi latar belakang Pejabat Kapolsek Mangaran yang baru, yaitu AKP Aryo Pandanaran, S.H. Beliau berharap bahwa antara Jajaran Polsek Mangaran serta Pemerintah Desa Tanjung Kamal bisa bersinergi dalam menjalankan program-program pemerintah sekaligus berharap agar semua pihak bisa berkontribusi dalam menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat.

Doc.Photo Kapolsek Baru Polsek Mangaran

Temu kenal itu diteruskan dengan pemaparan tentang tata cara administrasi/prosedur perizinan yang benar, mengingat kebanyakan masyarakat masih banyak yang awam terhadap hal tersebut. Harapannya agar masyarakat/pemohon perizinan, contohnya adalah Ijin Keramaian, bisa datang sendiri ke Polsek dengan didampingi oleh Perangkat Desa.

 

Selanjutnya penjelasan terkait keresahan petani akan kelangkaan pupuk. Masyarakat berharap jika ada penyelewengan agar dilakukan penindakan hukum sehingga menimbulkan efek jera. Aturan penjualan pupuk jelas, baik Pupuk Bersubsidi maupun Pupuk Gratis. Terlebih sering ditemukannya pelanggaran yang dilakukan oleh kios-kios pupuk, di mana kios-kios itu hanya bisa menjual pupuk bersubsidi kepada petani yg terdaftar di RDKK.

“Apabila ada penyimpangan dalam pendistribusian atau penjualan pupuk bersubsidi agar tidak segan-segan melaporkan ke Kepolisian, tentunya disertai bukti dan keterangan saksi,” sebut Kapolsek.

“Kegiatan Jumat Curhat ini juga merupakan program Quick Wins Polri Presisi dari Bapak Kapolri,” ujar Kanit Intel Polsek Mangaran menambahkan.

Kanit melanjutkan penjelasannya bahwa kegiatan Jumat Curhat yang dilaksanakan oleh Polsek Mangaran ini bertujuan untuk memberikan solusi bersama penyelesaian masalah demi kebaikan dan kemaslahatan umat atau warga, sekaligus memberikan pesan-pesan Kamtibmas.

Dalam Kesempatan tersebut, melalui Awak Media detik1.com, Kanit menghimbau kepada masyarakat agar secara bersama-sama menjaga Kamtibmas. Apabila mendengar, melihat atau mengalami kriminalisasi, segera Melaporkan ke Polsek Mangaran.

Hadir dalam kegiatan kali ini di antaranya adalah Kapolsek Mangaran, AKP Aryo Pandanaran, S.H.; Kanit Binmas, Aiptu Rajito, S.H.; Kanit Intelkam, Aipda Wido Sulis Sanjaya, S.H.; Bhabinkamtibmas Tanjung Kamal, Aipda Lifriyanto. Kades Tanjung Kamal, Drs. Moch. Ashar alias H. Maulana; Sekdes Tanjung Kamal, Tolak; Perangkat dan Staf Desa Tanjung Kamal; serta Kepala Kampung Se-Desa Tanjung Kamal. Selama kegiatan ini berlangsung situasi berjalan aman dan lancar.

(Azis Chemoth)

error: