Komplotan Pelaku Pencurian di Gudang PTPN Sempol Berhasil di Tangkap Polres Bondowoso

Doc.Photo Sepuluh Pelaku Pencurian Gudang PTPN Sempol

Bondowoso, detik1.co.id // Tepatnya pada hari Jumat tanggal 31 Maret 2023 sekitar jam 22.00 Wib Unit pidum Sat Reskrim Polres Bondowoso melakukan penangkapan terhadap 10 ( Sepuluh ) orang Tersangka yang diduga telah melakukan tindak pidana Pencurian dengan pemberatan, menyuruh atau turut melakukan, membantu melakukan kejahatan secara langsung yang dilakukan secara berulang, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 ayat (1) Ke-3e, 4e Jo 55 Ke-1e, 2e, Jo 56 ke-1e, 2e Jo 65 KUH Pidana.

Diketahui 10 Pelaku tersebut An. Inisial SY (45), IP (35), ZA (35), MS (24), FR (36), MA (29), SU (38), MI (36), HE (35) dan JU (45). Para pelaku melakukan aksi nya dari Januari 2022 sampai Desember 2022 sekira pukul 01.00 Wib, dan diketahui para pelaku mencuri di Gudang penyimpanan kopi milik PTPN XII Kebun kalisat Jampit masuk wilayah Desa Kalisat Kecamatan Sempol Kabupaten Bondowoso.

Example 285x400

Kapolres Bondowoso AKBP Wimboko, S.I.K. M.Si melalui Kasat Reskrim Polres Bondowoso AKP Agus Purnomo, SH menerangkan, “Pada periode bulan Januari sampai dengan bulan Desember 2022 sekira pukul 01.00 Wib telah terjadi dugaan tindak pidana Pencurian dengan pemberatan, menyuruh atau turut melakukan, membantu melakukan kejahatan secara langsung yang dilakukan secara berulang yang diduga dilakukan oleh 10 (sepuluh) tersangka tersebut di atas, “ungkapnya.

” 10 pelaku tersebut dengan cara sepakat bersama-sama atas perintah atau suruhan tersangka SY (45) untuk melakukan pencurian olahan biji kopi kering di dalam sebuah gudang penyimpanan kopi milik PTPN XII Kebun kalisat Jampit masuk wilayah Desa Kalisat Kecamatan Sempol Kabupaten Bondowoso,”terang Kasat Reskrim Polres Bondowoso.

“Selanjutnya sekira pukul 01.00 wib kesepuluh tersangka tersebut melakukan aksinya sesuai dengan tugas masing-masing yang sebelumnya sudah dikoordinir oleh tersangka SY, kemudian tersangka dari pihak keamanan mengambil kunci gudang yang ada di pos kemananan dan membuka pintu gudang penyimpanan kopi, “imbuhnya.

” Selanjutnya setelah pintu gudang terbuka, beberapa tersangka masuk ke dalam gudang dan membawa beberapa karung kopi dengan rata-rata 15 (lima belas) karung dengan menggunakan Argo dan setiap melakukan aksi pencurian dan dibawa ke belakang gudang penyimpanan kopi dengan melemparkan karung berisi kopi tersebut ke luar pagar area PTPN XII, “tambahnya.

Selanjutnya AKP Agus Purnomo, SH juga menjelaskan, ” Bahwa di luar pagar belakang sudah menunggu beberapa tersangka untuk membawa karung kopi tersebut ke lapangan Hasanudin Desa Kalisat dengan menggunakan 3 (tiga) unit sepeda motor untuk dimasukan ke dalam mobil panter dan dibawa oleh tersangka SY untuk dilakukan penjualan di wilayah kecamatan sumberwringin,”tuturnya.

” Akibat perbuatan pencurian secara berulang-ulang yang dilakukan oleh pelaku tersebut, pihak PTPN XII kebun Kalisat mengalami kerugian Rp. 985.096.000 (Sembilan ratus juta delapan puluh lima juta Sembilan puluh enam ribu rupiah). Serta barang bukti yang berhasil kita amankan 2 (dua) unit mobil panter, 3 (tiga) unit sepeda motor, 2 (dua) buah Argo, 1 (satu) buah keyboard, 1 (satu) stel sepatu PDL, 2 (dua) buah gelang emas, 9 (sembilan) lembar surat pernyataan oleh tersangka, 1 (satu) bendel hasil audit, “jelasnya.

” 10 (sepuluh) tersangka tersebut melakukan perbuatannya dalam kurun waktu Januari hingga Desember 2022 (dilakukan secara berulang) dan dalam kurun waktu tersebut jumlah olahan kopi kering (Green bean) yang dilakukan pencurian tersebut sebanyak sekira 10 (sepuluh) Ton. Atas perbuatan 10 Pelaku kami Jerat dengan Pasal 363 ayat (1) Ke-3e, 4e Jo 55 Ke-1e, 2e, Jo 56 ke-1e, 2e Jo 65 KUH Pidana, “pungkas Kasat Reskrim Polres Bondowoso AKP Agus Purnomo, SH.

(Humas Polres Bondowoso/Wira)

error: