Mubes Pembentukan DPD IWO Situbondo

Doc.Photo Ketua DPD IWO Situbondo Bersama Jajaran Pengurus dan Anggota

Situbondo, detik1.com – Dengan penuh kesadaran akan pentingnya partisipasi dan peran serta aktif media untuk berkontribusi dalam kemajuan daerah di era digitalisasi ini, maka beberapa jurnalis media online bersepakat untuk bergabung dalam sebuah ikatan organisasi yaitu Ikatan Wartawan Online (IWO), sekaligus mengadakan pertemuan dalam rangka Musyawarah Bersama Pembentukan Kepengurusan DPD IWO Situbondo. Minggu 04 Desember 2022.

Terbentuknya DPD IWO Situbondo ini, para anggota berkomitmen untuk menjaga dan mengasah serta mengembangkan kemampuan dan skill jurnalisme yang akan diatur oleh organisasi. IWO Situbondo juga akan membangun soliditas dan kerjasasama antar anggota yang solid, saling menjaga dan saling melindungi. Setiap anggota yang membutuhkan bantuan atau menghadapi masalah, maka iwo akan selalu hadir untu membela dan melindungi.

Sebagai bagian dari pilar demokrasi daerah, IWO Situbondo akan selalu berkontribusi untuk kemajuan Situbondo. Dalam hal kemitraan, anggota IWO akan selalu aktif menjadi rekanan pemerintah. IWO bahkan dapat menjadi bagian dari kontrol terhadap kebijakan dan program pembangunan pemerintah daerah.

Puji Syukur Kepada Allah SWT disampaikan oleh Zainullah (Inung), selaku Calon Ketua Mandat DPD IWO Situbondo. Ia juga menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak atas terbentuknya Kepengurusan DPD IWO Situbondo.

“Dengan wadah ini, hampir semua wartawan online dari berbagai media tergabung dan bersatu. Tentunya IWO akan mewadahi kepentingan profesi wartawan dengan peningkatan kulitas SDM yang matang dan handal. Sehingga diharapkan informasi yang sampai kepada masyarakat bisa bermanfaat dan berimbang, sesuai kaidah-kaidah jurnalistik. Seperti dikatakan Iskandar Sitorus, salah satu pendiri IWO, bahwa Idealnya kejadian-kejadian di lingkup kehidupan masyarakat yang berimplikasi massif terhadap publik bisa dengan maksimal diketahui untuk kemudian ditulis atau direkam wartawan online menjadi suatu produk jurnalistik.

Doc.Photo Ketua DPD IWO Situbondo

Maka dengan bergabungnya sekitar 30 wartawan online dari berbagai media siber ini, tentunya akan menjadi warna baru di Kabupaten Situbondo. Pertama, dalam menjaga dan membela martabat profesi jurnalis dalam menjalankan tugasnya. Sebab selama ini banyak kendala dan tantangan yang dihadapi para jurnalis, khususnya jurnalis online. Maka IWO dihadirkan untuk menjawab dan melawan tantangan tersebut,” papar Inung.

“Kedua, dalam kegiatan-kegiatan eksternal IWO nantinya yang akan dituangkan dalam Renja (Rencana Kerja) IWO Situbondo, agar bisa membangun kemitraan dengan banyak pihak untuk memberikan pendidikan jurnalistik kepada instansi, lembaga dan masyarakat secara langsung,” sambung wartawan kawakan itu.

Hasil Mubes atau Musyawarah Bersama yang digelar sore tadi yaitu terbentuknya kepengurusan DPD IWO Situbondo secara lengkap dan berlangsung cukup demokratis. Rencana Kerja untuk kegiatan IWO di tahun 2023 mendatang juga telah disusun oleh divisi per divisi yang ada. Hasil mubes ini akan segera dikirim dan diusulkan ke DPW dan DPP IWO untuk diselaraskan dengan hasil Mubes II IWO yang masih berlangsung saat ini.

Doc.Photo Ketua DPRD Situbondo

Sementara itu, berdirinya DPD IWO Situbondo mendapat perhatian dan apresiasi khusus dari Edy Wahyudi, selaku Ketua DPRD Situbondo. Ia berharap bahwa IWO mampu menjadi wadah yang bisa melindungi anggotanya yang sedang bertugas dalam rangka menyampaikan informasi benar sesuai kaidah-kaidah jurnalistik kepada masyarakat.

“Saya Edy Wahyudi, Ketua DPRD Situbondo, mengucapkan selamat dan sukses atas terbentuknya IWO di Situbondo. Semoga keberadaan IWO bermanfaat dalam hal peningkatan kompetensi Jurnalis Online di Situbondo, sehingga menjadi jurnalis yang handal, profesional dan bermartabat,” harap politisi muda asli Situbondo itu.

(Tim/Red)

error: