Penduduknya Termiskin di Jatim, Bupatinya Terkaya di Madura

Madura
Doc.Foto Achmad Fauzi, Bupati Sumenep

Sumenep, detik1.co.id // Kabupaten Sumenep terus menduduki peringkat ketiga dalam daftar kabupaten berpenduduk miskin di antara 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Namun, fakta ini berbanding kontras dengan kekayaan Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, yang merupakan Bupati terkaya di Madura dengan harta kekayaan mencapai lebih dari Rp 18 miliar.

Fauzi AS, seorang relawan dari Infant Gibran (Brigib) Sumenep, mengungkapkan bahwa menurut Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) untuk periode 2021, Bupati Sumenep melaporkan harta kekayaannya kepada negara sebesar Rp 18.230.861.310.

“Pertanyaan muncul mengenai sumber kekayaan Bupati Sumenep ini, apakah semata-mata berasal dari bisnis di luar jabatannya sebagai pejabat di Pemerintah Kabupaten Sumenep, ataukah terkait dengan jabatannya sebagai Wakil Bupati sebelumnya dan sekarang sebagai Bupati Sumenep,” ujar Fauzi.

Sebelum menjabat sebagai Bupati Sumenep, Achmad Fauzi pernah menjabat sebagai salah satu jajaran Direksi di PT Mahasa Madura Investama (PT MMI), yang merupakan pihak ketiga dalam kepemilikan saham di PT Wira Usaha Sumekar (WUS). Namun, namanya pernah terseret dalam skandal korupsi yang menimpa PT WUS.

“Mungkin bisnis itu yang membuat Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Menjadi kepala Daerah terkaya dengan memiliki kekayaan Rp.18 miliar lebih itu,” tambahnya.

Meskipun demikian, Bupati Sumenep tetap menjaga posisinya sebagai salah satu kepala daerah terkaya di Madura. Di sisi lain, kondisi Kabupaten Sumenep yang masih memiliki tingkat kemiskinan yang tinggi menjadi tantangan tersendiri bagi kepemimpinan Bupati Fauzi.

Dengan total kekayaan mencapai Rp 18.230.861.310 pada tahun 2021, Bupati Sumenep ini masih menjadi perbincangan, sementara publik terus mempertanyakan sumber kekayaannya dan relevansinya dengan kondisi sosial dan ekonomi di daerahnya.

error: