Polsek Banyuputih Pasang Police Line Di Lokasi Penemuan Benda Cagar Budaya

Situbondo, detik1.com – Personel Polsek Banyuputih menindaklanjuti laporan masyarakat terkait penemuan Benda Cagar Budaya di Dusun Krajan Desa Sumberejo Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Selasa (06/09/2022).

Benda cagar budaya yang ditemukan warga yakni Lumpang batu berbahan batu jenis andesit berdimensi tinggi 35 cm, diameter atas 65 cm, diameter lubang 16,5 cm dengan kedalaman Palung 25 cm dalam Kondisi rumpil pada bagian sisi atas sekitar 20 persen.

Selain itu juga ditemukan struktur sumur berbentuk persegi dengan sudut tumpul. Bentang lubang adalah 67 cm. Struktur bata tersusun sedikitnya 3 baris.

Kasi Humas Iptu Achmad Sutrisno mengatakan bahwa menurut informasi yang duterima dari Polsek Banyuputih bahwa benda cagar budaya ditemukan warga yang sebagai supir truk pengangkut pasir sekitar 1 minggu yang lalu kemudian temuan tersebut diinfromasikan kepada kepada saudara Sukirno selaku juru pelihara situs lesong di wilayah timur selanjutnya temuan Benda Cagar Budaya tersebut diteliti dan diamankan di Balai Desa Sumberejo kecamatan Banyuputih.

Personel yang mendatangi lokasi temuan benda cagar budaya diantaranya anggota Polsek Banyuputih, Perangkat Desa Sumberejo dan Tim Cagar Budaya Yayasan Musium Balumbung Situbondo.

Sumber : Humas Polres Situbondo

Pewarta : Hamzah

 

error: