Akhirnya, Pemdes Somber Nonggunong Memediasi Terduga Isu Santet Warganya.

Sumenep, detik1.com – Berawal dari sekolompok masyarakat yang berasal dari Dusun Kemoning, Desa Somber, Kecamatan Nonggunong Sumenep, Madura, Jawa Timur, yabg mendatangi kediaman Kepala Desa Somber H. Mahalli, untuk mengadukan permasalahan isu Santet yang di tuduhkan kepada SL ( 55) tahun asal Dusun Kemoning, Desa Sumber. Sabtu ( 30/4/2022) bulan lalu.

Kedatangan warga Dusun Kamoning ini, karena merasa tidak tenang dan keberatan dengan keberadaan SL di Dusunnya yang dituduh oleh warga setempat memiliki ilmu santet.

Karena dikawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan dalam hal keamanan dan ketertiban ditengah Masyarakatnya. Akhirnya Pemerintah Desa Somber bersama Forpinka Kecamatan Nonggunong yang di hadiri Kapolsek Nonggunong Iptu Edi Sumarno dan Pos Ramil Nonggunong 0827/20 Sapudi yang diwakili Babinsa Kopda Cahya Firman, melakukan mediasi yang bertempat di Kantor balai Desa Sumber, Senin (09/05/2022)

Dalam proses mediasi tersebut pemerintah Desa Sumber mempertemukan kedua bela pihak SL dan Warga yang tidak senang dengan keberadaannya.

Doc.Photo Pos Ramil Dan Anggota Polsek Nonggunong Ketika Mengantar SL Ke Kapal Feri

Habib Alwi dan H. Safrawi yang didatangkan pemerintah Desa Sumber untuk melakukan mediasi melalui proses Sumpah Massal yang disaksikan masyarakat yang ikut hadir di kantor balai Desa, mengalami kebuntuan karena tidak sejalan dengan kemauan warga.

Sebagai akhir dari proses mediasi tersebut, melahirkan keputusan yang disepakati untuk mengasingkan SL dari pulau Sapudi. Hal itu untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan karena ketidak sukaan akan keberadaan SL di Dusunnya.

Pada hari Selasa 10 Mei 2022, SL dengan surat pindah tujuan provensi Bali diantar Babinsa pos Ramil Nonggunong Kopda Cahya Firman Bersama Bhabinkamtibmas Polsek Nonggunong Aiptu Saiful Bahri kepelabuhan kapal Very Desa Tarebung untuk menuju pelabuhan Jangkar untuk menuju Rumah anaknya yang ada di Pulau Bali.

(Akhmadi)

error: