Desa Gayam Terima Penghargaan Peringkat 1 Good Government

Doc.Foto Saat Desa Gayam Menerima Penghargaan Good Government

Sumenep, detik1.co.id // Setelah melalui proses penyaringan yang ketat tentang penilaian kinerja pemerintah Desa se kabupaten Sumenep dalam hal pengelolaan keuangan Desa ( Good Government) tahun 2022 oleh Dirjen Pembendaharaan Kementrian Keuangan Republik Indonesia. Akhirnya Desa Gayam Kecamatan Gayam menduduki peringkat 1 dari 3 Desa terbaik sekabupaten Sumenep, yaitu Desa Kebun Dadap Timur kecamatan Saronggi peringkat 2 dan Desa Pananggungan kecamatan Guluk Guluk.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( DPMD) Kabupaten Sumenep Anwar Syahroni Yusuf menyampaikan pemberian piagam penghargaan sebagai apresiasi dan bentuk motifasi kepada Desa.

Example 285x400

” Piagam penghargaan diberikan untuk menguatkan tata kelola pengelolaan keuangan desa yang baik, serta juga menumbuhkan kesadaran Bagi Desa desa lain. Untuk berupaya meningkatkan tata kelola pengelolaan keuangan Desa yang lebih baik” ungkap kepala Dinas DPMD ( dilansir dari Dapurrakyatnews) Selasa (08/08/2023).

Selain itu menurutnya piagam diberikan untuk meningkatkan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan desa, serta membangun integritas dalam tata kelola dan penggunaan sumber daya keuangan yang transparan.

Dari 330 Desa dan 4 Kelurahan se kabupaten Sumenep, Desa Gayam hendaknya menjadi contoh yang menginspirasi desa desa lain dalam mengimplementasikan tata kelola pengelolaan keuangan Desa yang baik.

Sebelumnya ajang penilaian Good Government dilakukan berdasarkan dari informasi data Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa kabupaten Sumenep yang merekomendasi 5 Desa yang terbaik dalam konteks kinerja pemerintah Desa dalam pengelolaan keuangan Desa yang disaring dan dinilai langsung oleh Kantor Kas Negara ( KKN) Pamekasan yang menjadi 3 besar Desa terbaik yang berhak mendapat piagam penghargaan kementrian pembendaharaan keuangan Republik indonesia.

Selain itu menurut Tauhid, Kepala kantor wilayah Pemprov Jawa Timur atas Nama Direktorat Jendral Pembendaharaan kementrian Keuangan Republik Indonesia yang juga menjadi syarat penilaian Desa Good Government yakni prinsip prinsip tujuan keuangan publik yang dikeluarkan Internasional Monetary Fund ( IMF ) sebagai lembaga internasional, IMF mengeluarkan Manual fisical transparansi yang diberlakukan dibeberapa Negara.

Atas kesuksesan Desa Gayam dan diterimanya piagam penghargaan peringkat 1 Desa Good Government menjadi kebanggaan luar biasa bagi seluruh Masyarakat Desa Gayam dan para aparatur Desanya.

Raihanna selaku sekertaris Desa, mewakili perintah Desa Gayam kepada awak media meluapkan kebanggaannya atas diterimanya piagam penghargaan dari Dirjen Pembendaharaan kementrian keuangan Republik Indonesia.

” Kami Sangat bersyukur dan sangat bangga sekali atas prestasi ini, dan ini merupakan capaian yang sangat luar biasa yang merupakan bentuk kekompakan dan kerja sama yang baik antar aparatur Desa dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya” ungkap Raihanna. Rabu ( 8/8/2023).

” Tentunya juga kesuksesan ini tidak lepas dari peran serta masyarakat yang telah memberi kepercayaan dan dukungan kepada kami juga kepada semua pihak yang telah membantu kami memberi pelajaran, petunjuk dan pembinaan utamanya Dinas terkait”

” Semoga kedepannya pemerintah Desa Gayam akan terus melangka meraih kesuksesan di tingkat yang lebih tinggi dari kabupaten menuju provinsi” pungkasnya.

(Akhmadi)

error: