Sambut Harjakasi ke-205, Pemkab Situbondo Gandeng IMI Gelar Kejurprov Road Race

Doc Foto Road Race Situbondo

Situbondo, detik1.co.id // Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo bekerja sama dengan IMI (Ikatan Motor Indonesia) menggelar Kejuaraan Tingkat Provinsi Road Race Jawa Timur putaran ketiga 2023, dalam rangka menyambut Harjakasi (Hari Jadi Kabupaten Situbondo) ke-205 dan juga memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78. Minggu, 20 Agustus 2023.

Bertempat di sekitar Alun-alun Kota Situbondo, ajang balap motor jalanan ini diikuti oleh para pembalap Jawa Timur, antara lain Surabaya, Lumajang, Probolinggo, Jember, Bondowoso, Banyuwangi, dan tentu saja Situbondo serta kota lainnya di Jawa Timur. Bahkan ada beberapa peserta yang datang dari luar Jawa Timur. Tercatat ada sekitar 245 pembalap yang ikut meramaikan.

Example 285x400

Dalam kesempatan itu, Bupati Situbondo, Drs. H. Karna Suswandi, M.M., berpesan kepada ratusan masyarakat yang datang membanjiri sirkuit dadakan itu bahwa kejuaraan tersebut merupakan momentum yang tepat bagi generasi muda yang hobi balapan motor untuk mengukir prestasi.

“Lomba balap motor ini menjadi wadah bagi kaum muda yang punya hobi balapan. Event ini dilaksanakan agar kaum muda tidak melakukan balap liar yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi,” himbau Bupati.

Setelah menyampaikan sambutannya, Bupati melanjutkan dengan melepas rombongan pembalap pertama di kelas Bebek Lokal Standar sekaligus sebagai tanda dibukanya Kejuaraan Road Race Jawa Timur putaran ketiga, dengan rute, yaitu start di Jl. A. Jakfar – Jl. A. Yani – Jl. A. Jakfar – Jl. Kartini – dan finish di Jl. A. Jakfar lagi.

Sementara itu, Ketua IMI Situbondo, Reno Purwanto mengatakan bahwa Road Race ini bisa menjadi wadah bagi generasi muda yang memiliki hobi balap motor.

“Ajang ini juga merupakan penjaringan atlet balap motor yang nantinya akan kami persiapkan untuk ikut di berbagai kejuaraan,” sebut Reno.

Ajang Road Race ini, sambung Reno, sangat efektif untuk mengali potensi para pembalap motor yang berasal dari Situbondo, sekaligus sebagai wadah untuk mengarahkan generasi muda yang biasa melakukan balapan liar ke arah yang lebih positif.

Untuk diketahui, setidaknya ada 20 kelas balap yang dipertandingkan dalam Kejurprov Rias Race Jatim 2023 ini. Di antaranya adalah Bebek 4 tak 150cc, Bebek 4 tak 130cc, Bebek 2 tak 116cc, Bebek 2 tak 125cc, yang terbagi dalam sub kelas Open, Novice, Pemula, Kars, Lokal dan kelas lainnya.

Selain itu ada kelas tambahan, yaitu Sport 2 tak 135cc, Super Moto 250cc non SE dan ada juga kelas unik, yaitu Motor Mini bermesin pemotong rumput yang ditunggangi oleh para pembalap belia berusia 11 tahun ke bawah.

Pewarta : Tim/Red

Editor : Redaksi

error: