Suasana Terakhir Acara Adat Istiadat Seblang Olehsari

Banyuwangi, detik1.com – Padatnya penonton demi menyaksikan tarian adat seblang, upacara adat seblang sangat di tunggu-tunggu para penonton, Karna Penari seblang sendiri turun dari Pentas dan berkeliling kampung, di ikuti oleh para sinden serta pemukul alat gamelan, Banyuwangi (12/5/2022).

Saat penari seblang mulai turun dari Pentas dan acara keliling kampung langsung di mulai, yang pertama penari akan menuju ke makam (Buyut Ketut) menari disana sebentar, selepas itu langsung menuju di balai desa. Setelah sampai dilokasi penari langsung menari hanya beberapa saat, di detik-detik terakhir itulah penari seblang di anggap sakral oleh masyarakat sekitar, acara adat istiadat ini yang berlokasi di Desa Olehsari, Kec. Glagah Banyuwangi.

Setelah penari berkeliling Kampung selesai, langsung pulang ketempat Pentas semula guna melanjutkan lagu-lagu yang belum selesai.

Biasanya di suasana terakhir ini berlangsung Sampe malam, karna banyak ritual yang di selasaikan mulai dari Perebutan Poro bungkil (Semua tanaman) yang tergantung di Pentas selama tujuh hari tujuh malam,” tutupnya.

(Har)

error: